Istighfar. Sabar tawadhu tawakkal. Sabar dalam belajar. Ini mengingatkan tentang sebuah ayat “hanya orang yang bersabar yang mendapatkan pahala tanpa batas.” Seperti perumpamaan, “the reward for patience is like a flowing water.”

MSB

Setiap kita adalah pemimpin dan penanggung jawab terhadap seluruh hal yang dititipkan pada kita. Mata, telinga, tangan, kaki, hati, ilmu, harta, keluarga, dan lain semuanya akan bersaksi di hadapan Allah kelak setelah hari kebangkitan. Apakah kita menjaganya dengan mempergunakannya di jalan Allah atau tidak. Jika kesaksian mereka baik di hadapan Allah, maka surga balasannya. Jika kesaksian mereka buruk, maka nerakalah menanti kita.

Termasuk hafalan Alquran yang Allah berikan. Karena pahala yang sangat agung menjadi bayaran buat sesiapa yang ikhlas dalam menghafal serta totalitas dalam menjaga dan mengulangnya, dosa yang amat besar pun akan Allah siapkan buat mereka yang riya’ saat menghafal lalu abai dalam menjaganya.

Dan siapa yang lebih dzalim dari mereka yang telah diingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu berpaling darinya dan melupakan semua yang telah diusahakan oleh kedua tangannya?! Sungguh Kami jadikan pada hati mereka penutup dan pada telinga mereka penyumbat. Dan jika kamu mengajak mereka kepada hidayah…

View original post 1,004 more words