Judul: Awe-Inspiring Us
Penulis: Dewi Nur Aisyah
Penerbit: Ikon
Tahun terbit: 2018
Cetakan: I
Tebal: 370 halaman
Harga: Rp 85.000

 

Awe-Inspiring Us adalah buku kedua Dewi Nur Aisyah yang tiba di tangan saya pada pergantian tahun ini. Buku pertama yang saya baca berjudul Awe-Inspiring Me. Awe-Inspiring Us ini menjadi awal untuk memulai tahun 2019 dengan bekal ilmu dan hikmah dari seorang wanita, istri, dan ibu yang begitu menginspirasi.
Awe-Inspiring Us merupakan perjalanan hikmah yang memberikan inspirasi sekaligus penuntun bagi para wanita maupun laki-laki dalam merajut cita dan cinta dalam ridha-Nya menuju surga-Nya. Berbeda dengan buku pertamanya, Awe-Inspiring Me, buku ini memberikan pendekatan dari dua sudut pandang, lelaki dan wanita. Oleh karena itu, buku ini baik dibaca oleh laki-laki maupun wanita terutama yang tengah mempersiapkan masa depan dengan berbagai konsekuensi keputusan, bagaimana memahami Islam dalam ikhtiar menemukan teman berjuang menuju surga, menjalani kehidupan berkeluarga dengan berbagai peran sekaligus menjadi apa yang Dewi Nur Aisyah sebut sebagai “hamba sepenuh waktu.” Oleh karena itu, buku ini juga baik sebagai pembelajaran dan hikmah bagi yang sudah berkeluarga tentang perjalanan “mengangkasa bersama” menuju surga.

Buku ini memiliki alur proses yang cukup runtun, dimulai dengan fase penantian, proses pranikah atau menuju pernikahan, dan pascapernikahan. Tidak hanya berisi panduan dan motivasi, buku ini juga menceritakan suka duka dan perjalanan keluarga Dewi dalam mencapai visi misi pernikahannya, bagaimana menjalani peran sebagai PhD parents, dan perjalanannya berkarya menebar rahmat kepada semesta. Dilengkapi dengan dalil-dalil baik Al-Quran, Al-Hadits, maupun referensi lain berikut tips-tips bermanfaat yang memberikan dasar/fondasi bagi pembaca, buku ini sangat bermanfaat untuk mengenal keindahan Islam dalam mengatur setiap bagian kehidupan sebagai hamba Allah dalam berbagai wujud maupun peran sehingga hikmah yang berharga dapat dipetik dari setiap untaian kalimatnya.

Kelebihan buku ini terletak dari bahasanya yang mengalir dan berjiwa. Diksi yang digunakan membuat pembacanya begitu menikmati. Untaian pesan disampaikan lembut dan terasa dekat antara penulis dengan pembaca. Semangat dan energi positif mengalir dari setiap untaian kata. Buku ini sungguh berjiwa. Terbukti saat membacanya saya menemukan ada panggilan jiwa untuk lebih menghargai hidup ini dan memberikan yang terbaik dari hidup yang sebentar ini. Saya akan menemukan diri saya terhibur dan sesekali tertawa sendiri karena humor yang muncul di sana sini. Begitu pula, sesekali saya menemukan diri saya beruraian air mata. Merenungi perjuangan yang dijalani beliau, meresapi hikmah yang disampaikan dengan bahasa kalbu yang sampai ke hati.

Kekurangan buku ini hanya minor tidak seberapa jika dibandingkan kebermanfaatan dan kelebihan yang diberikan. Di antaranya, saya menemui beberapa typo yang tidak begitu major hanya saja hal-hal kecil ini dapat mengganggu kekhusyukan membaca. Selain itu, karena buku ini padat berisi akan lebih baik jika antara satu bab dengan berikutnya diberi jeda atau narasi penghubung antar subjudul sehingga lebih mudah dipahami dan nyaman untuk diikuti flow-nya.

Akhir kata, semoga review buku ini bermanfaat dan memberikan dorongan positif untuk belajar hikmah salah satunya melalui buku yang inspiring ini. Selamat belajar dan berjuang untuk menggapai cita dan cinta, semoga kita bisa menitinya hingga surga. aamiin. 🙂