Dear All,

Kindly find this spreadsheet of monthly budget pacing tool.
Sebenarnya ini lebih cocok untuk project management tapi bisa juga untuk personal expense.
Ada 3 sheet: data sample berisi contoh data pengeluaran, monthly budget pacing sample berisi contoh monthly tracker, dan monthly budget pacing template bisa diisi sendiri (tinggal tambahkan “=” di depan formula agar formulanya jalan).
Cara menggunakannya:
1. Buatlah catatan jurnal pengeluaran harian
2. Masukkan data pengeluaran per hari pada sheet “Data Sample” (data di sana contohnya tinggal diganti dengan data yang ingin dimasukkan)
3. Cara memahami hasilnya di kolom result pada sheet ” monthly budget pacing sample”. Pada cell itu angka yang ditunjukkan negatif warna cell-nya hijau jika hasil < 0 dan warna akan berubah pink jika hasil >0.
Pada cell itu warnanya hijau artinya <0 dengan angka -10.7 persen artinya pengeluaran budget per tanggal 31 Desember 2017 sebesar 10.7 persen poin di bawah pace durasi waktu yang dilewati. Ini indikasi positif artinya terjadi penghematan anggaran (dalam kasus personal expenditure ya beda kasus kalau dalam project atau penilaian penyerapan anggaran). Kalau hasilnya merah artinya terjadi percepatan pengeluaran alias boros.
Demilkian semoga bermanfaat. Boleh dikoreksi jika ada kekeliruan. Terima kasih.
P.S.: Ada bonus ebook financial planning dari Melvin Finansialku.com. Mohon untuk tidak dikomersilkan. Kalau ebook ini saya tidak share di sini. Kalau ada yang menginginkan boleh saya kirim via email saja. Thanks.
File: